Penyebab Penyakit Vertigo

405pPenyakit vertigo merupakan perasaan halusinasi seolah-olah lingkungan atau diri sendiri bergerak, atau ada yang lebih sering lagi, berputar.  Penyebab penyakit vertigo ini adalah gangguan pada system keseimbangan.  Penyebab penyakit vertigo terjadi bukan karena faktor keturunan namun beberapa faktor yang menyebabkan vertigo seperti serangan migraine, radang pada leher, kelainan pada saraf, gangguan penglihatan, mabuk kendaraan, mabuk pengaruh alkohol, dan obat-obatan, adanya infeksi bakteri pada telinga, kekurangan asupan oksigen ke otak, hingga tekanan emosional atau stress.  Mungkin masing-masing penderita vertigo memiliki riwayat penyakit yang berpotensi memunculkan vertigo. Bisa jadi, tekanan pekerjaan yang berujung pada stress disadaru atau tidak ikut andil mendatangkan vertigo.

Gejala penyebab penyakit vertigo adalah :

  • Keadaan pusing yang luar biasa. Penderita merasakan sekelilingnya seakan-akan berputar. Keadaan pusing ibarat bumi terombang-ambing disebabkan oleh gangguan keseimbangan yang berpusat di area labirin atau rumah siput didaerah telinga.
  • Mual-mual hingga muntah

Vertigo bukan suatu penyakit merlainkan gejala penyakit. Penyebab penyakit vertigo bisa bermacam-macam. Yang dimaksud dengan vertigo adalah perasaan berputar atau bergoyang sebagai akibat terganggunya keseimbangan.

Vertigo terbagi atas :

  • Vertigo vestibular, perasaan beputar akibat  terganggunya system saraf keseimbangan yang dimulai dari bagian dalam telinga, batang otak, sampai otak besar. Penyebab npenyakit vertigo antara lain adanya infeksi di sinus dan sekitarnya, infeksi otak, tumor otak terutama kepala.
  • Vertio non-vestibular biasanya berupa perasaan bergoyang akibat gangguan pada system visual, misalnya kelainan refraksi mata maupun gangguan pada system proprioseptik (sumsum tulang belakang) misalnya gangguan pada saraf tepi.

Vertigo  bukan merupakan sutu penyakit melainkan gejala penyakit yang penyebabnya sangat bervariasi. Fungsi keseimbangan tunuh terdiri dari tiga system, yaitu system bvestibular, system visual, dan system simatosensorik atau proprioseptik. Vertigo muncul jika ada gangguan pada salah satu atau lebih dari ketiga system keseimbangan itu. Sistem vestibular bertanggung jawab untuk mengintegrasikan rangsangan terhadap indera dengan pergerakan tubuh serta menjaga agar suatu obyek berada dalam focus penglihatan saat tubuh bergerak.

Saat kepala bergerak, informasi disampaikan ke labirin, suatu organ ditelinga bagian dalam berupa tiga saluran berbentuk setengah lingkaran yang dikelilingi cairan. Labirin lantas menyalurkan informasi gerakan ke saraf  vestibular atau nervus VIII yang kemudian membawa informasi ke batang otak, dilanjutkan sampai ke sereblum (bagian otak yang mengontrol koordinasi, keseimbangan, pergerakan, tekanan darah, dan kesadaran). Jika ada gangguan pada system ini yang lazim disebut vertigo vestibular, dunia akan terasa seperti berputar. Serangan vertigo jenis ini umumnya terjadi secara mendadak, bersifat datang-pergi (episodic), diswertai rasa mual/muntah, kadang-kadang ada denging di telinga. Pencetus serangan ni adalah gerakan kepala. Vertigo vestibular dibedakan menjadi tipe sentral, gangguan terjadi pada bgatang dibedakan menjadi tipe sentral, gangguan terjadi pada batang otak sampai otak besar. Yang kedua, tipe perifer, gangguan terletak pada batang otak sampai labirin di telinga dalam. Penyebab penyakit vertigo vestibular antara lain trauma kepala, infeksi otak, tumor, infeksi sekitar sinus, atau lainnya (flu, pilek, diare), remote efek (reaksi terhadap infeksi yang menyebabkan vertigo).


=====================================

>>> Propolis Melia Nature Untuk Mengatasi Penyakit Vertigo dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyebab Vertigo and tagged , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *