Penyebab Vertigo Vestibular

Penyebab vertigo vestibular salah satunya adalah disebabkan dari skemik batang otak. Vertigo vestibular dibedakan menjadi tipe sentral, gangguan terjadi pada batang otak sampai otak besar. Yang kedua adalah tipe perifer, gangguan terletak pada batang otak sampai labirin di telinga bagian dalam.

Penyebab Vertigo Vestibular

Penyebab Vertigo Vestibular

Penyebab Vertigo Vestibular

Penyebab vertigo vestibular yang dapat menyerang anda antara lain :

  • trauma yang terjadi pada kepala penderita,
  • terjadi infeksi pada otak,
  • mengalami penyakit tumor,
  • mengalami infeksi sekitar sinus atau lainnya (flu, pilek, diare),
  • remote efek (reaksi terhadap infeksi yang menyebabkan vertigo).

Situs Neurologychannel menyebutkan, gejala vertigo vestibular perifer adalah pandangan kabur, letih, lesu, sakit kepala, detak jantung cepat, kehilangan keseimbangan, kehilangan konsentrasi, nyeri otot terutama di leher dan punggung, mual, muntah, kemampuan kognitif menurun, serta sensitif terhadap cahaya dan bunyi. Adapula gejala vertigo vestibular sentral, antara lain diplopia (pandangan ganda), sakit kepala hebat, gangguan kesadaran, koordinasi tubuh menurun, mual dan muntah serta lemas.

Pada vertigo nonvestibular, sensasi yang dirasakan penderita adalah melayang, bergoyang atau sempoyongan. Serangan biasanya terjadi terus-menerus, tetapi tidak ada mual maupun muntah. Vertigo akibat gangguan sistem visual biasaya di cetuskan oleh situasi yang ramai, banyak orang atau benda yang melintas.

Terapi Penyebab Vertigo Vestibular

Terapi rehabilitasi vestibular (vestibular rehabilitation therapy/VRT) merupakan terapi fisik yang dilakukan untuk menyebuhkan penyakit vertigo yang dialami. Tujuan dilakukannya terapi ini adalah untuk mengurangi rasa pusing akibat dari penyakit yang dialami oleh penderita, meningkatkan keseimbangan, dan mencegah seseorang jatuh dengan mengembalikan fungsi sistem vestibular.

Pada VRT, pasien melakukan latihan agar otak dapat menyesuaikan dan menggantikan penyebab vertigo vestibular. Keberhasilan terapi ini bergantung pada beberapa faktor pasien yang meliputi :

  • usia penderita,
  • fungsi kognitif (memori, kemampuan mengikuti pentunjuk),
  • kemampuan kordinasi dan gerak,
  • dan kesehatan pasien secara keseluruhan (termasuk sistem saraf pusat),
  • serta kekuatan fisik.

Dalam VRT, pasien yang datang ke dokter, akan menjalani beberapa latihan yang akan melatih keseimbangan dalam tingkat yang lebih tinggi, meliputi gerakan kepala, gerakan mata, dan berjalan. Menurut Akademi Neurologi Amerika (American Academy of Neurology) metode yang paling efektif untuk BPPV yang disebabkan oleh kristal kalsium di telinga bagian kanal posterior adalah menggunakan teknik reposisi kanalit (canalith repositioning) atau Epley maneuver. Pada prosedur ini, terapis (dokter) akan meminta pasien untuk menggerakkan kepala dan tubuhnya. Kemudian kristal kalsium akan keluar dari kanal posterior, dan masuk ke dalam kanal telinga bagian dalam yang akan diabsorpsi oleh tubuh penderita.

Penanganan Penyebab Vertigo Vestibular

Pengobatan yang akan digunakan untuk penyembuhan penyakit vertigo tergantung kepada apa yang menjadi penyebabnya. Obat yang biasa digunakan dokter untuk mengurangi vertigo yang ringan adalah meklizin, dimenhidrinat, perfenazin dan skopolamin. Obat skopolamin memiliki fungsi untuk mencegah motion sickness, yang biasanya terdapat dalam bentuk plester kulit dengan lama kerja selama beberapa hari. Semua obat penyakit vertigo yang sudah dijelaskan di atas bisa menyebabkan kantuk, terutama pada usia lanjut. Skopolamin dalam bentuk plester menimbulkan efek kantuk yang paling sedikit.

Tips yang dapat anda lakukan ketika gejala penyebab vertigo vestibular menyerang :

  1. Tarik napas dalam-dalam , tutup mata anda dan segera barusahalah untuk mencari posisi yang memungkinkan untuk anda berbaring. Jika anda berada pada tempat yang tidak memungkinkan anda untuk berbaring maka segeralah duduk.
  2. Apabila anda merasa mual dan ingin muntah, maka segeralah untuk mencari bantuan orang-orang yang ada di dekat anda untuk membantu anda berjalan ke toilet. Pada beberapa kasus yang sudah terjadi, biasanya setelah muntah keluhan vertigo akan menjadi berkurang.
  3. Selalu pastikan anda dalam posisi yang aman atau berpegangan tangan. Tunggu hingga beberapa menit untuk memastikan apakah serangan vertigo anda berkurang atau tidak.
  4. Ketika anda dapat berbaring, pertahankan posisi anda tersebut sampai serangan vertigo yang anda alami berkurang atau hilang.
  5. Buka mata dengan perlahan dan coba miringkan badan anda atau kepala anda ke kiri dan ke kanan. Jika dengan menuver ini serangan penyakit vertigo yang anda rasakan ternyata datang kembali, maka itu berarti anda harus segera memejamkan mata anda atau dapat juga dengan kembali pada posisi semula.
  6. Bila proses perifera vertigo anda cepat berkurang, maka segera konsultasikan gelaja yang anda rasakan dengan dokter saraf. Apabila di rumah anda sudah menyediakan obat vertigo, maka anda bisa mengkonsumsi obat tersebut.

Penyebab vertigo vestibular ini juga dapat disembuhkan dengan pengobatan tradisional adalah dengan menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan seperti 25 gram daun dewa, 20 gran pegagar, 30 gram kayu manis, 15 gram sambiloto, 10 gram jahe merah, dan 3 gelas air.

Cara pembuatan ramuan : cara yang perlu anda lakukan adalah dengan mencuci bersih semua bahan yang sudah anda sediakan. Campurkan menjadi satu dan rebus dalam 3 gelas air bersih dam tunggu hingga mendidih. Biarkan ramuan tetap mendidih sampai airnya tersisa setengahnya. Setelah matang dinginkan ramuan dan saring. Berikan pada penderta 2 kali sehari setiap pagi dan malam hari yang dibarengan dengan doa agar vertigo yang anda alami membaik. Ramuan bisa ditambah dengan madu secukupnya.

Penyebab Vertigo Vestibular


=====================================

>>> Propolis Melia Nature Untuk Mengatasi Penyakit Vertigo dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyebab Vertigo and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *