Penyebab Vertigo

penderita-vertigoPenyebab  vertigo dapat terjadi karena penyebab otologik neurologik, psikologik atau iatrogenik. Penyakit meniere menyebabkan vertigo peroksismal hebat sebagai akibat lesi pada labirin. Vertigo terjadi mendadak dan dapat berlangsung selama beberapa jam. sering disertai mual, muntah, nyeri kepala, telinga berdenging dan pendengaran yang berkurang. Kelainan audiotorik sering mendahului vertigo.

Vertigo yang berkaitan dengan neuroma akustik biasanya ringan. Beberapa jenis antibiotik seperti gentamisin, sterptomisin dan kanamisin bersifat vestibulotoksik dan menyebabkan vertigo.

Penyebab vertigo disebabkan karena gangguan keseimbangan di telinga bagian dalam (alat keseimbangan atau bagian vestibular) atau mungkin di otak. Bentuk paling sering dari vertigo adalah Benign Paroxymal Positional Vertigo (BPPV) yaiut adanya ilusi gerakan yang disebabkan oleh gerakan kepala secara mendadak atau gerakan kepala ke arah tertentu. Jenis seperti ini umumnya tidak berat dan dapat diatasi.

Penyebab lain dari vertigo adalah peradangan ada telinga bagian dalam (labirintis) yang ditandai dengan kejadian vertigo yang tiba-tiba dan kadang diikuti dengan kehilangan pendengaran. Penyebab paling sering adalah infeksi viral atau bakteri. Beberapa penyakit lain juga bis menyebabkan vertigo, seperti meniere disease, perdarahan di otak, multiple sclerosis, cedera kepala dan migrain.

Penyebab verigo akibat adanya gangguan sistem visual biasnya dicetuskan oleh situasi yang ramai, banyak orang atau benda yang lalu lalang.

Beberapa faktor yang mencetuskan terjadinya vertigo adalah :

1. Kurangnya pergerakan aktif, sehingga saat mengalami perubahan posisi mendadak akan timbul sensasi vertigo.

2. Pengguna alkohol akut

3. Pernah menjalani operasi otak atau pascaoperasi mayor

Penyebab gangguan keseimbangan (yang mengakibatkan vertigo) sangat beragam, diantaranya adalah :

1. Gangguan telinga

Sekitar 50% kasus vertigo berkaitan dengan penyakit-penyakit atau gangguan telinga bagian dalam.

2. Gangguan otak

Sekitar 5 % diperkirakan berhubungan dengan kelainan di otak, misalnya: stroke, migrain, penyempitan pembuluh darah otak (multiple sclerosis), penyakit Parkinson dan tumor.

3. Kondisi tubuh

Diperkirakan 5 % vertigo berhubungan dengan kondisi tubuh, misalnya: tekanan darah rendah (hipotensi), hipertensi, penyakit infeksi, kekurangan gula darah (hipoglikemia), gangguan jantung. Obat-obat tertentu yang memiliki efek samping terhadap keseimbangan (ototoksik), dapat juga menjadi penyebab vertigo. masalah vertigo

4. Faktor lain

Vertigo dapat disebabkan berbagai faktor selain faktor-faktor di atas, misalnya: faktor stress, cemas pengaruh alkohol, terhisap zat kimia, marijuana dan sejenisnya. Berada dalam ruangan tertutup yang terlalu panas, bisa juga menjadi penyebab vertigo.


=====================================

>>> Propolis Melia Nature Untuk Mengatasi Penyakit Vertigo dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyebab Vertigo and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>