Penyebab Vertigo

penderita-vertigoPenyebab vertigo dapat terjadi karena penyebab otologik neurologik, psikologik atau iatrogenik. Penyakit meniere menyebabkan vertigo peroksismal hebat sebagai akibat lesi pada labirin. Vertigo terjadi mendadak dan dapat berlangsung selama beberapa jam. sering disertai mual, muntah, nyeri kepala, telinga berdenging dan pendengaran yang berkurang. Kelainan audiotorik sering mendahului vertigo.

Vertigo yang berkaitan dengan neuroma akustik biasanya ringan. Beberapa jenis antibiotik seperti gentamisin, sterptomisin dan kanamisin bersifat vestibulotoksik dan menyebabkan vertigo.

Penyebab vertigo disebabkan karena gangguan keseimbangan di telinga bagian dalam (alat keseimbangan atau bagian vestibular) atau mungkin di otak. Bentuk paling sering dari vertigo adalah Benign Paroxymal Positional Vertigo (BPPV) yaiut adanya ilusi gerakan yang disebabkan oleh gerakan kepala secara mendadak atau gerakan kepala ke arah tertentu. Jenis seperti ini umumnya tidak berat dan dapat diatasi.

Penyebab lain dari vertigo adalah peradangan ada telinga bagian dalam (labirintis) yang ditandai dengan kejadian vertigo yang tiba-tiba dan kadang diikuti dengan kehilangan pendengaran. Penyebab paling sering adalah infeksi viral atau bakteri. Beberapa penyakit lain juga bis menyebabkan vertigo, seperti meniere disease, perdarahan di otak, multiple sclerosis, cedera kepala dan migrain.

Penyebab verigo akibat adanya gangguan sistem visual biasnya dicetuskan oleh situasi yang ramai, banyak orang atau benda yang lalu lalang.

Beberapa faktor yang mencetuskan terjadinya vertigo adalah :

1. Kurangnya pergerakan aktif, sehingga saat mengalami perubahan posisi mendadak akan timbul sensasi vertigo.

2. Pengguna alkohol akut

3. Pernah menjalani operasi otak atau pascaoperasi mayor

Penyebab gangguan keseimbangan (yang mengakibatkan vertigo) sangat beragam, diantaranya adalah :

1. Gangguan telinga

Sekitar 50% kasus vertigo berkaitan dengan penyakit-penyakit atau gangguan telinga bagian dalam.  Sebagian besar penyakit vertigo ini terjadi ketka seseorang mengubah posisi kepala secara tiba-tiba, misalnya pada saat bangun dari tidur atau berdiri dengan cepat. Pusing yang terjadi akan hingan dengan sendirinya setelah beberapa menit.

2. Gangguan otak

Sekitar 5 % diperkirakan berhubungan dengan kelainan di otak, misalnya: stroke, migrain, penyempitan pembuluh darah otak (multiple sclerosis), penyakit Parkinson dan tumor. Bila penyeban dari penyakit vertigo adalah penyakit migrain, penyakit ini dapat terjadi selala memebara saat atau beberapa hari tergantung dari gangguan yang dialami.

3. Kondisi tubuh

Diperkirakan 5 % vertigo berhubungan dengan kondisi tubuh, misalnya: tekanan darah rendah (hipotensi), hipertensi, penyakit infeksi, kekurangan gula darah (hipoglikemia), gangguan jantung. Obat-obat tertentu yang memiliki efek samping terhadap keseimbangan (ototoksik), dapat juga menjadi penyebab vertigo. masalah vertigo

4. Faktor lain

Vertigo dapat disebabkan berbagai faktor selain faktor-faktor di atas, misalnya: faktor stress, cemas pengaruh alkohol, terhisap zat kimia, marijuana dan sejenisnya. Berada dalam ruangan tertutup yang terlalu panas, bisa juga menjadi penyebab vertigo.

5. Penyakit meniere

Penyakit meniere terjadi akibat dari peningkatan volume endolimfe yang juga akan berhubungan dengan adanya distensi seluruh sistem endolimfatik. Penyakit penyebab vertigo ini yang mampu mengakibatkan telinga anda bagian dalam mempunyai banyak cairan yang pada akhirnya dapat mempengaruhi keseimbangan tubuh penderitanya. Rasa pusing yang muncul akibat dari penyakit meniere ini dapar terjadi selama setengah jam atau lebih dari itu.

Gejala Penyakit Vertigo

Salah satu gejala yang paling sering dirasakan oleh penderita penyakit vertigo ini adalah rasa pusing yang berputar-putar. Gejala lain dari penyakit ini adalah pendangan kabur, muncul rasa mual dan muntah, keluar keringat dingin yang berlebihan, denyut nadi yang semakin cepat, jantung yang berdebar-debar, serta talinga yang terasa penuh dan berdenging.

Biasanya orang yang menderita gejala penyakit vertigo pada umumnya tidak bisa berdiri dengan tegak ketika vertigo kembali menyerang dirinya. Untuk meredakan pusing yang dialami, penderita biasanya berbaring dan menutup matanya sebentar hingga merasa pusingnya mereda. Terkadang tutup matapun, mereka tetap merasa berputar-putar.

Frekuensi yang terjadi pada penyakit vertigo yang dialami setiap orang berbeda-beda, tergantung dari penyebab vertigonya. Ada penderita yang mengalami vertigo beberapa saat saja. Ada pula yang merasakan gejala vertigo tersebut selama berjam-jam. Bahkan yang lebih parah lagi, ada pula penderita vertigo yang mengalami gejala vertigo berlangsung sampai seminggu.

Pencegahan Penyakit Vertigo

Apabila anda salah satu orang yang menderita penyakit vertigo untuk menghindari kambuhnya penyakit vertigo anda harus menghindari kegiatan mendongakkan kepala. Mengdongakkan kepala mengakibatkan adanya perubahan posisi kepala dan hal ini berperan penting sebagai pemicu serangan sakit kepala dahsyat dari vertigo tersebut. Serta anda juga harus mengurangi kegiatan mengangkat atau menggerakan badan anda, terutama pada bagian kepala anda secara perlahan. Sebaiknya, sebelum berdiri dari kasur, anda duduk terlebih dahulu, sehingga gerak badan anda tidak terlalu drastis.

Pengobatan Penyakit Vertigo

Untuk mengobatan anda dapat menggunakan kulit manggis yang mengandung antioksidan, vitamin B1, B2, dan C serta kaya akan kandungan kalsium, sodium, pottasium, dan zat besi yang dapat anda gunakan untuk mencegah kerusakan sel pada tubuh akibat dari serangan radikal bebas. Cara lain yang dapat anda lakukan untuk pengobatan penyebab vertigo ini adalah jahe.

Dengan keadaan yang pusing disertai dengan rasa mual dan ingin muntah pengobatan ini hanya mampu untuk mengurangi gejalanya untuk sesaat. Cara penggunaan jahe ini adalah dengan menyiapkan beberapa iris tahe dan parutan gula merah yang kemudian diseduh dengan air panas kemudian siap untuk anda konsumsi.

 Penyebab Vertigo


=====================================

>>> Propolis Melia Nature Untuk Mengatasi Penyakit Vertigo dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyebab Vertigo and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>