Penyakit Vertigo Perifer

Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang vertigo vestibular dan kali ini kita akan membahas tentang penyakit vertigo perifer. Apa Peripheral Vertigo atau vertigo perifer ? Vertigo adalah bentuk pusing sering digambarkan sebagai sensasi berputar. Hal ini juga dirasakan sebagai mabuk atau condong ke satu sisi. Sedangkan penyakit vertigo perifer merupakan salah satu jenis penyakit vertigo yang ditandai dengan adanya gangguan ilusi gerakan dan bukanlah jenis sakit kepala sebelah atau migran.

Penyakit Vertigo Perifer - Penyebab Vertigo

Penyakit Vertigo Perifer – Penyebab Vertigo

Gejala lain dari vertigo antara lain:

  • Kehilangan pendengaran di satu telinga
  • Dering di telinga
  • Mata kesulitan fokus
  • Kehilangan keseimbangan
  • Ada dua bentuk yang berbeda dari vertigo: vertigo perifer dan vertigo sentral.
  • Menurut American Institute of Balance, vertigo perifer biasanya lebih parah dari vertigo sentral (AIB).

Vertigo perifer disebabkan oleh masalah dengan telinga bagian dalam, yang mengontrol keseimbangan. Vertigo sentral mengacu pada masalah dalam otak atau batang otak. Ada beberapa bentuk yang berbeda dari vertigo perifer.

Penyakit Vertigo Perifer

Penyebab vertigo perifer yang paling umum ditemukan yaitu terjadinya infeksi , neuronitis, iskemia, mengalami trauma dan toksin. Intensitas penyakit vertigo perifer dimulai dari yang ringan hingga vertigo yang berat. Gejala yang paling sering ditemukan pada penyakit vertigo perifer ini umumnya akan mengalami kehilangan pendengaran hingga menyebabkan ketulian dan juga disertai dengan telinga yang terus berdenging.

Gejala Penyakit Vertigo Perifer

  1. Pandangan mata menjadi gelap
  2. Terasa lelah dan stamina tubuh menjadi menurun
  3. Jantung berdebar-debar
  4. Hilangnya keseimbangan tubuh
  5. Tidak dapat berkonsentrasi
  6. Otot-otot terasa sakit
  7. Mengalami mual dan muntah-muntah
  8. Memori serta daya ingat menurun
  9. Sangat sensitif seperti sensitif pada cahaya terang dan suara
  10. Dan juga berkeringat
  11. Gangguan yang biasanya terjadi pada penyakit vertigo perifer ini seperti pada penyakit-penyakit vestibular neuritis, labyrintis dan juga benign parozysmal.

BPPV dianggap bentuk paling umum dari vertigo perifer. Tipe ini cenderung menyebabkan pendek, serangan sering vertigo dan biasanya dipicu oleh gerakan kepala tertentu. BPPV diduga disebabkan ketika potongan-potongan kecil dari puing-puing putus dari kanal telinga bagian dalam dan merangsang rambut-rambut kecil yang melapisi telinga bagian dalam. Ini membingungkan otak, menghasilkan sensasi pusing.

vertigo-treat

Labyrinthitis

Labyrinthitis menyebabkan pusing atau perasaan bahwa Anda bergerak ketika Anda tidak. Bentuk vertigo disebabkan oleh infeksi telinga bagian dalam. Akibatnya, sering terjadi bersamaan dengan gejala lain seperti demam dan sakit telinga. Infeksi ini di labirin, yang merupakan struktur di telinga bagian dalam yang mengontrol keseimbangan dan pendengaran. Infeksi ini biasanya disebabkan oleh penyakit virus, seperti pilek atau flu, tetapi juga bisa disebabkan oleh infeksi telinga bakteri.

Vestibular Neuronitis

Neuronitis vestibular juga dapat disebut neuritis vestibular. Jenis vertigo memiliki onset mendadak dan dapat menyebabkan kegoyangan, sakit telinga, mual, dan muntah. Neuronitis vestibular disebabkan oleh infeksi yang menyebar ke saraf vestibular, yang mengontrol keseimbangan. Kondisi ini biasanya mengikuti infeksi virus, seperti pilek atau flu.

Bagaimana Penyakit Vertigo Perifer Didiagnosis?

Ada beberapa cara untuk membantu dokter menentukan apakah Anda memiliki vertigo perifer. Dokter Anda dapat memeriksa telinga Anda untuk mencari tanda-tanda infeksi, serta melihat apakah Anda dapat berjalan dalam garis lurus untuk menguji keseimbangan Anda. Jika dokter Anda mencurigai BPPV, ia dapat melakukan manuver Dix-Hallpike. Selama tes ini, dokter akan menggerakkan Anda dengan cepat dari posisi duduk ke posisi berbaring-down, dengan kepala Anda menjadi titik terendah tubuh Anda. Anda akan menghadapi dokter Anda dan Anda akan perlu untuk menjaga mata Anda terbuka sehingga dokter dapat melacak gerakan mata Anda. Manuver ini akan membawa pada gejala vertigo pada individu dengan BPPV.

Dokter Anda juga dapat memesan keseimbangan dan pendengaran tes. Tergantung pada gejala Anda, dokter Anda juga dapat memesan pencitraan otak dan leher untuk menyingkirkan penyebab lain dari vertigo.Banyak yang bertanya apakah penyakit vertigo ini dapat dicegah atau tidak sama sekali. Untuk itu kami akan menjawab pertanyaan tersebut. Dapat vertigo dicegah ?

Mengontrol faktor risiko untuk stroke dapat menurunkan risiko pengembangan vertigo sentral . Ini termasuk memastikan bahwa tekanan darah , kolesterol , berat badan , dan glukosa darah kadarnya dalam rentang optimal . Untuk mengurangi gejala vertigo pada kasus penyakit Meniere , mengendalikan asupan garam dapat membantu. Jika vertigo perifer telah didiagnosis , kemudian melakukan latihan rehabilitasi vestibular rutin dapat membantu mencegah episode berulang .

Karena umumnya pada sebagian kasus besar penyebab penyakit vertigo ini dapat terjadi secara tiba-tiba, dan sangat sulit untuk memprediksi siapa yang akan cenderung beresiko terkena penyakit ini. Maka dari itu langkah penghindarah atau pencegahan yang lengkap tidak mungkin, akan tetapi dengan anda terus melakukan pola hidup yang sehat akan dapat membantu untuk mengurangi resiko untuk anda mengalami kondisi seperti ini.

CARA PEMESANAN PROPOLIS

Propolis – Obat Vertigo / Obat Pusing Alami
Propolis Mencegah dan Mengobati Vertigo / Pusing Kepala Secara Alami

Harga 1 Botol Propolis – Obat Vertigo Isi 6 ml = Rp. 115.000,-/botol

Cara Pemesanan: SMS ke 0878-8896-9797, tuliskan : Pesan Propolis-Obat Vertigo, Jumlah Botol, Nama Anda dan Alamat Kirim Lengkap

This entry was posted in Penyebab Vertigo and tagged , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.